Distro Linux Terbaik


Distro Linux manakah yang terbaik? Pertanyaan ini susah-susah gampang untuk dijawab, karena tidak ada kriteria yang pasti untuk menetapkan mana distro yang terbaik.

Menentukan distro linux yang paling populer lebih gampang kriterianya, yakni yang paling banyak dipakai, atau yang paling banyak diunduh, atau yang paling banyak dibicarakan di forum-forum (walaupun untuk yang terakhir ini juga agak sulit menghitungnya). Tentu saja, popularitas tidak bisa disamakan dengan kualitas.

Shashank Sharma menulis "10 best Linux distros: which one is right for you?". Di artikel ini, ia mengusulkan kriteria, bahwa yang terbaik adalah didasarkan pada produktivitas, kemudahan, keamanan, kemudahan hacking, dan kecepatan. Akan tetapi ketika kriteria ini kita pakai kita bisa berdebat panjang lebar mengenai penilaiannya.

Pada akhirnya, distro linux mana yang sebaiknya anda pakai, sangat tergantung pada kebutuhan anda sendiri. Yang terbaik bagi anda adalah jika anda menyusun sendiri kriteria yang anda butuhkan, dan kemudian berburu informasi mengenai distro linux yang paling mendekati kriteria anda tersebut. Gunakan ulasan distro linux di media sebagai bahan pertimbangan tambahan, bukan untuk diikuti.

Distro Watch, situs pemerhati distro linux, nampaknya menyadari betapa susahnya mencari distro linux yang sesuai dengan kebutuhan. Mereka membuat sebuah halaman yang memudahkan pencarian distro linux. Kunjungi dan manfaatkan halaman ini untuk mencari distro linux yang sesuai kebutuhan anda.

Buat anda yang baru mengenal linux dan kebetulan memiliki teman yang sudah terlebih dahulu pindah ke linux, ada baiknya anda mengikuti pilihan distro linux yang ia pakai. Ini akan mengurangi mimpi buruk anda ketika anda menjumpai masalah.

Pilihan lain adalah Ubuntu. Ini distro paling populer di lingkungan desktop. Distro yang dibuat dengan filosofi "Ubuntu" (arti harfiah: "kemanusiaan kepada sesama"), selain mudah digunakan juga berisi paket-paket standard.

Sementara itu ada banyak dukungan teknis dan non-teknis di internet yang dibuat dengan semangat ubuntu pula, yakni terbuka, ramah, hangat, murah hati, dan bersedia untuk berbagi.

Buat yang senang ngoprek, ada distro Debian. Ini bapaknya Ubuntu. Debian menyuguhkan fleksibilitas yang memungkinkan orang untuk mengunduh paket inti Debian yang ukurannya cukup kecil, menginstallnya di komputer, dan kemudian mendownload paket-paket yang diperlukan saja.

PRANALA