Jika tak ada Andrew Tanenbaum, mungkin tak akan ada Linux. Andrew S. Tanenbaum adalah seorang profesor di bidang ilmu komputer di Vrije Universiteit, Amsterdam di Belanda.

Sebagai seorang profesor, ada banyak buku telah ditulisnya. Salah satunya adalah "Operating Systems: Design and Implementation" (Sistem Operasi: Desain dan Implementasi). Seperempat bagian akhir buku itu berisi kode sumber sebuah sistem operasi yang bernama Minix. Sistem operasi ini dimaksudkan sebagai bahan bantu belajar para mahasiswa; dan tak terpisahkan dari bab-bab yang dibahas dalam buku.

Berdasarkan buku dan Minix inilah gagasan Linux dibentuk. Jadi, kalau tak ada Tanenbaum, mungkin Linus Torvald hanya akan menjadi debeloper software biasa, bukan pencipta Linux. Sekalipun Tanenbaum tidak mengajar secara langsung kepada Linus Torvald, ia sering dianggap sebagai guru Linus Torvald.

Buku itu diakui sebagai sebagai teks standar pengajaran mata studi Sistem Operasi di berbagai universitas, termasuk di Indonesia.

Saat ini, Minux, dapat diunduh gratis dari situs sang profesor. Sistem Operasi ini dpat dijalankan di komputer desktop berbasis Intel, yang ditujukan terutama sebagai ajang belajar prinsip-prinsip sistem operasi.

Sejak 2004 Tanenbaum mengoperasikan Electoral-vote.com, sebuah situs web yang didedikasikan untuk analisis data pemungutan suara dalam pemilihan federal di Amerika Serikat.

DEBAT TANENBAUM–TORVALDS

Ketika Linux diperkenalkan di Usenet pada tahun 1992, Tanenbaum menanggapinya. Kumpulan debat keduanya didokumentasikan dan dibukukan dengan judul "O'Reilly Media book Open Sources: Voices from the Open Source Revolution" pada tahun 1999.

Dinyatakan disana bahwa debat itu memperlihatkan "bagaimana dunia berpikir mengenai desain sistem operasi pada saat itu. Isi debat itu dapat dilihat pada artikel Perdebatan Tanenbaum vs Torvalds.

GELAR DOKTOR KEHORMATAN

Pada 12 Mei 2008, Tanenbaum menerima gelar doktor kehormatan dari Universitatea Politehnica din Bucuresti. Penghargaan diberikan di ruang senat akademik, setelah itu Tanenbaum memberikan ceramah tentang visinya tentang masa depan bidang komputer.

Gelar tersebut diberikan sebagai pengakuan atas pekerjaan karir Tanenbaum, yang mencakup sekitar 150 makalah yang diterbitkan, 18 buku (yang telah diterjemahkan ke dalam lebih dari 20 bahasa), dan penciptaan banyak perangkat lunak sumber terbuka, termasuk Amsterdam Compiler Kit, Amoeba, Globe, dan MINIX.

Pada tanggal 7 Oktober 2011, Universitatea Petru Maior din Targu Mures (Universitas Petru Maior Targu Mures) menganugerahi Tanenbaum gelar Doktor Honoris Causa (gelar doktor kehormatan) atas karyanya yang luar biasa di bidang ilmu komputer dan prestasi di bidang pendidikan.

Komunitas akademik dengan ini menghormati pengabdiannya untuk mengajar dan meneliti dengan penghargaan ini. Pada upacara tersebut, Rektor, Rektor, Dekan Fakultas Sains dan Sastra, dan lainnya semuanya berbicara tentang Tanenbaum dan karyanya.

Sang pro-rektor kemudian membacakan 'laudatio' yang meringkas pencapaian Tanenbaum. Ini termasuk karyanya mengembangkan MINIX (pendahulu Linux), RFID Guardian, karyanya di Globe, Amoeba, dan sistem lain, dan banyak bukunya tentang ilmu komputer, yang telah diterjemahkan ke dalam banyak bahasa, termasuk Rumania, dan bahasa lainnya. digunakan di Universitas Petru Maior.