Mengenal Distro Linux


Ada yang agak aneh dan sekaligus menarik di dunia Linux. Untuk menggambarkan keanehan itu saya akan gunakan perumpamaan dalam dunia sepeda motor. Katakanlah, sepeda motor Honda Sonic 150R, salah satu motor poduksi Honda yang diluncurkan pada pertengahan tahun 2016.

Baik mesin maupun onderdil sepeda motor Honda Sonic 150R, semuanya diproduksi oleh Honda. Untuk dipasarkan di Indonesia, PT Astra Honda Motor mengimpor mesin dan onderdil Honda Sonic 150R dari Jepang dan merakitnya di Indonesia dengan spesifikasi yang sama persis dengan yang ada di Jepang dan negara-negara lain.

Dalam dunia Linux, yang disediakan oleh Open Source Development Labs (perusahaan pembuat Linux) hanyalah "mesin" yang bernama Linux, yang secara periodik diperbaharui untuk memenuhi perkembangan jaman. Oleh karena hanya "mesin", ia tak bisa digunakan begitu saja on the road sebagaimana sepeda motor Honda Sonic 150R.

Mesin Linux, atau lebih tepatnya kernel Linux ini harus dirakit dengan komponen-komponen lainnya agar bisa digunakan oleh pengguna akhir. Rakitan ini, dalam dunia Linux dikenal dengan nama Distro Linux (atau lebih lengkapnya Distribusi Linux).

Yang membuat Distro Linux bukanlah Open Source Development Labs, melainkan perusahaan atau kelompok pegiat Linux. Menariknya, hampir semua distro linux dapat diunduh secara gratis di internet sebagaimana kernel linux. Anda bisa juga membuat Distro Linux sendiri, tanpa harus membayar sepeserpun kepada Open Source Development Labs.

Saat ini terdapat hampir 600-an distro linux dengan berbagai variasinya, tergantung siapa yang merakitnya; ada rakitan yang dikerjakan oleh tim profesional dengan dukungan berbayar, dan ada pula rakitan yang dikerjakan sebagai sebuah hobi.

Anda juga bisa merakit sendiri linux versi anda jika anda punya keahlian untuk merakit. Jumlah distro linux yang luar biasa banyak ini, di satu sisi menggembirakan karena tersedia banyak pilihan, akan tetapi disisi lain jumlah yang terlalu banyak ini juga menyulitkan.

Untunglah ada situs DistroWatch yang membantu pengunjungnya untuk bisa membandingkan fitur satu distro dengan distro lainnya. DistroWatch nampaknya menyadari betapa susahnya mencari distro linux yang sesuai dengan kebutuhan. Mereka membuat sebuah halaman yang memudahkan pencarian distro linux. Kunjungi dan manfaatkan halaman ini untuk mencari distro linux yang sesuai kebutuhan anda.

Secara alamiah distro linux ada yang berkembang dan ada pula yang punah. Beberapa distro yang disukai oleh banyak pengguna dan bertahan dan menjadi distro besar, bahkan sampai menghasilkan distro turunan, contohnya distro Debian GNU/Linux. Distro ini telah menghasilkan puluhan distro turunan, antara lain Ubuntu, Knoppix, Xandros, DSL, dan sebagainya. [1]

Jadi untuk mengunduh sistem operasi linux, yang anda lakukan terlebih dahulu adalah memilih distro linux yang sesuai dengan kebutuhan anda. Selanjutnya anda dapat mengunduh langsung dari situs distributor distro bersangkutan, mengunduhnya dari mirror lokal atau membelinya dari penjual lokal.

REPOSITORI

Salah satu hal yang cukup menjengkelkan dalam dunia perangkat lunak adalah proses instalasi perangkat lunak ke sebuah komputer. Tidak jarang, proses instalasi perangkat lunak gagal karena sebab-sebab yang tidak jelas. Untuk mengatasi hal ini, banyak perakit distro linux menyediakan repositori dan program untuk mengelola paket sinkronisasi dengan repositori yang disebut dengan sistem manajemen paket.

Repositori adalah tempat di internet yang menyimpan berbagai paket perangkat lunak, beserta dengan deskripsi dan ketergantungannya dengan paket perangkat lunak lainnya. Pada umumnya sebuah repositori ditempatkan dalam sebuah lokasi utama dan isinya diduplikasi di banyak lokasi lainnya.

Hal ini memungkinkan pemakai akhir dapat dengan cepat memperoleh komponen perangkat lunak yang terdekat dengan lokasi dimana pemakai itu bertempat tinggal. Untuk melakukan instalasi sebuah perangkat lunak, pemakai perlu terhubung ke internet dan menjalankan sistem manajemen paket yang membantu pengguna dalam mengunduh perangkat lunak yang dimaksud beserta dengan semua paket pendukungnya dari repositori terdekat tergantung dari distro linux yang digunakan.

CATATAN KAKI:
[1] Wikipedia:Distribusi Linux.