BlankOn - Distro Linux Berbahasa Indonesia
BlankOn Linux adalah Distro Linux yang yang dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) bersama para komunitas pengembang Linux yang tergabung menjadi Tim Pengembang BlankOn Linux. BlankOn dirancang dan disesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia, mulai dari bahasa yang digunakan di dalamnya, sampai pada pemilihan perangkat lunak yang dibundel bersama BlankOn.

Kenapa namanya BlankOn? Pertama, Blankon adalah nama penutup (pelindung) kepala tradisional Indonesia, khususnya Jawa dan Sunda. Jadi, ini adalah Linux yang bernuansa Indonesia. BlankOn juga dirilis dengan menggunakan "nama sandi" bernuansa Indonesia: Bianglala, Konde, Pattimura, Suroboyo, Uluwatu, dsb.

Selain menonjolkan unsur-unsur keindonesiaan, BlankOn juga mengusung misi, menjadikan Linux BlankOn sebagai pelindung dari ketergantungan dengan piranti lunak tertutup.

Nama BlankOn juga bisa diartikan menjadi Blank (angka biner 0) dan On (angka biner 1). BlankOn diharapkan menjadikan orang yang belum sadar (0) menjadi sadar (1) bahwa Linux bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan keterampilan dalam bidang teknologi informasi.

YPLI, dengan BlankOn-nya, telah menjadi studi kasus UNDP dan UNESCO sebagai contoh implementasi FOSS yang berhasil di dunia. File PDF lengkap dari buku "Breaking Barriers, The Potential of Free and Open Source Software for Sustainable Human Development. A Compilation of Case Studies from Across the World" dapat ditemukan di sini (sekitar 900 KB).

Sebagaimana Distro Linux pada umumnya, pengembangan BlankOn dilakukan secara terbuka dan gotong royong.  Siapa saja bisa turut berkontribusi untuk mengembangkan BlankOn agar menjadi lebih baik. BlankOn Linux juga bisa didapatkan oleh siapa saja tanpa perlu membayar untuk mengunduhnya. Bahkan, Anda bisa mendistribusikannya dan membagi-baginya secara bebas tanpa batas kepada siapa saja.

Tujuan dari pengembangan BlankOn Linux adalah menghasilkan Distro Linux yang sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia, khususnya untuk kebutuhan pendidikan, perkantoran dan pemerintahan.

Paket-paket perangkat lunak yang dibundel bersama BlankOn: LibreOffice untuk keperluan perkantoran yang sangat mirip dan kompatibel dengan Microsoft Office, GIMP dan Inkscape untuk kebutuhan grafis, Peramban web Chromium untuk mengakses situs Internet, Aplikasi surat elektronik Evolution, dan berbagai perangkat lunak lainnya.